8.19.2018

Cara mengatasi error A Required CD/DVD Device Driver is Missing Saat Install Windows

Posted at  August 19, 2018  |  in  Windows

Windows merupakan sistem operasi yang paling populer di Indonesia bahkan hingga dunia. hampir semua orang perusahaan ataupun kantor menggunakan Windows sebagai sistem operasi utama mereka untuk bekerja. Banyak orang yang hanya sebagai pemakai saja (user) sehingga tidak begitu mengerti permasalahan pada komputer mereka dan ada juga orang yang ahli dibidang komputer sehingga bisa mengetahui seluk beluk dari komputer mereka.

Ketika suatu program dan windows mengalami masalah atau rusaknya system yang disebabkan oleh suatu virus maka langkah yang paling tepat untuk memperbaiki komputer kita adalah dengan meakukan install ulang sistem operasi agar windows kita akan kembali normal.

Untuk Instalasi sistem operasi windows sebenarnya bisa dibilang sangat mudah, kita hanya harus mengikuti langkah-langkah sesuai prosedur saja. Namun akan ada saja kendala bagi sebagian orang dalam melakukan sebuah instalasi terjadi beberapa permasalahan yang membingungkan seperti ‘Error a Required CD/DVD Device Driver is Missing’. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara mengatasi jika pada saat kita melakukan instalasi menemukan permasalahan tersebut.

Sebelum kita memperbaiki permasalahan ini, kita wajib harus tahu terlebih dahulu, apa yang menyebabkan terjadinya Error ‘a Required CD/DVD Device Driver is Missing’ baru kita bisa memperbaikinya.

A Required CD/DVD Device Driver is Missing

Berikut adalah Penyebab dan Cara mengatasi Error a Required CD/DVD Device Driver is Missing pada saat Install Windows yang telah saya rangkum:

1. File Windows Rusak
Faktor utama yang menyebabkan permasalah tersebut bisa terjadi karena file windows mengalami kerusakan sehingga sistem komputer tidak bisa membaca windows yang ada pada CD installer. Jika file Windows rusak kita bisa melakukan burning ulang Windows Installer dan juga bisa menggunakan installer menggunakan flash disk.

2. Kompabilitas Port USB yang ada pada laptop
Pada saat melakukan instalasi windows menggunakan flash disk tentunya akan menggunakan USB untuk media transmisi data. Laptop model baru sekarang hampir semuanya sudah menggunakan USB 3.0 sementara flashdisk yang digunakan untuk menginstal hanya support pada USB 2.0. Untuk menyelesaikan permasalahan seperti ini bisa memindahkan flash disk yang digunakan untuk instalasi ke port yang lain.

3. Pengaturan Pada BIOS
Setingan pada bios juga dapat menyebabkan terjadinya permasalahan ‘Error a Required CD/DVD Device Driver is Missing’, yang dikarenakan pengaturan prioritas dari sistem. Untuk itu mari kita cek pengaturan dibios yaitu dengan cara masuk kedalam menu BIOS kemudian Klik menu booting lalu pilih boot device priority seting sesuai dengan device yang akan anda gunakan dalam instalasi windows (dari DVD/USB flasdisk). Langkah selanjutnya adalah klik di menu advance pada BIOS ubah driver dari SATA menjadi AHCI atau matikan menu SATA lalu alihkan ke AHCI, kemudian di save dan restart laptop anda.

4. Laptop Keluaran Terbaru

Pada laptop keluaran terbaru ada beberapa yang tidak support pada driver tertentu. Untuk itu solusi yang bisa dilakukan adalah baca buku manual apakah laptop tersebut bisa digunakan untuk windows 7, jika tidak maka langkah yang harus kita lakukan adalah dengan mencari driver sata AHCI dari laptop tersebut. Selanjutnya anda ekstrak file driver tersebut kedalam satu folder silahkan anda simpan folder tersebut dengan flasdisk lain. Dan terakhir silahkan melakukan proses instalasi lagi dengan mencolokkan flashdisk yang berisi file driver yang sudah kita siapkan sebelumnya kedalam port usb.

Share this post

About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

1 comment:

  1. wah makasih gan infonya. Ane jadi bisa lanjut instal lepi ane. Sekali lagi makasih gan infonya

    ReplyDelete

Tentang Kami-T n C-Daftar Isi
Copyright © 2013 ArsipKu.
Powered by Mafsyah .
back to top